Membuat Navigasi di Windows Phone 8 Apps

Hallo readers! Jumpa lagi nih kita di tutorial membuat aplikasi di Windows phone 8. Pada postingan kali ini, saya akan berbagi tips cara untuk bikin navigasi di windows phone 8 apps. Navigasi ini berguna untuk perpindahan suatu halaman ke halaman lain. Penasaran gimana caranya, yuk langsung aja disimak Smile

Pertama-tama, seperti biasa kita buka Visual Studio 2012 Express for Windows Phone. Setelah itu kita bikin project baru. Setelah itu pastinya muncul MainPage.xaml kan.  Nah di MainPage.xaml ini kita buat empat buah button seperti di bawah ini. (Kalo ada yang lupa gimana caranya bisa tengok di postingan saya sebelumnya )

image

 

Setelah tamplan seperti diatas dibuat, saatnya bikin halaman lain yang akan kita tuju ketika button di klik.


Pertama-tama, kita buat dulu halaman tersebut. Caranya, klik kanan pada nama application solution, pilh add, plih new item.

 

image

 

Setelah itu muncul jendela seperti ini. Kita pilih Windows Phone Potrait Page dan ganti nama pada pilihan name. Disini saya membuat file xaml bernama bmicalculation.xaml yang nantinya menampilkan halaman penghitungan BMI.

 

image

Nah, di solution explorer bakalan muncul nih page yang baru saja kita buat

image

Setelah itu, kita klik halaman bmicalculation.xaml. Disini kita lakukan modifikasi halaman dan konten.

image

Jangan lupa rebuild halaman ini agar perubahannya tersimpan.

 

Setelah ini, kita akan membuat navigasi di halaman utama untuk me-link-annya ke halaman rumah sakit ini. Pertama-tama, buka halaman MainPage.xaml dan double klik button BMI Calculator. Setelah di klik, secara otomatis kita diarahkan ke halaman MainPage.xaml.cs dengan disertai kode action untuk button tersebut. Kita hanya tinggal mengisi saja kode navigasi menuju halaman bmicalculation.xaml

image

 

Langkah terakhir, jangan lupa save dan rebuid project kita.

 

Sekian tutorial kali ini. Nantikan tutorial selanjutnnya yaa Smile

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s