Anybody can learn code! A short report of #HourOfCode

Pada postingan kali ini, saya akan membagikan pengalaman saya menjadi tutor dalam acara Hour of Code pada hari Jumat, 12 Desember 2014 kemarin. Secara singkat, Hour of Code(HoC) adalah sebuah program yang diselenggarakan secara global untuk mengenalkan code selama satu jam kepada pelajar. HoC ini diselenggarakan dalam rangka Computer Science Education Week dan berlangsung selama 7 hari, yakni tanggal 8-14 Desember 2014. Tujuan HoC itu sendiri adalah mengenalkan pada pelajar bahwa coding itu mudah dan ga semengerikan *lebay* yang dibayangkan.

Di Indonesia sendiri, HoC ini diselenggarakan dua kali, tanggal 9 Desember 2014 dan 12 Desember 2014 dan keduanya diselenggarakan di @atamerica, Pacific Place. Saya sendiri berkesempatan untuk mengikuti sesi kedua, yakni tangga 12 Desember 2014. HoC Indonesia diselenggarakan atas kerjasama Microsoft Indonesia dan Coding Indonesia. Nah kenapa saya kok bisa jadi tutor di acara ini? Jadi gini ceritanya, saat itu ada tawaran dari MSP Indonesia Lead (Kak Yugie) buat MSP Jabodetabek untuk menjadi tutor di acara ini. Karena emang suka ngajar dan pengin dapat pengalaman baru, saya pun ga menyia-nyiakan kesempatan ini. Kebetulan juga hari itu saya ga ada jadwal dan bisa buat refreshing dari skripsi :3

Continue reading “Anybody can learn code! A short report of #HourOfCode”

Advertisements

Cara Mendapatkan Sertifikat di Microsoft Virtual Academy

Hallo readers!! Ini adalah lanjutan dari postingan sebelumnya tentang Microsoft Virtual Academy (MVA). Kalo di postingan sebelumnya saya menjelaskan apa itu MVA dan apa aja keuntungannya kalo ikutan, pada postingan ini saya akan menjelaskan gimana caranya dapetin sertifikat kalo udah menyelesaikan salah satu course di MVA. Perlu diingat, untuk dapat sertifikat ini kalian harus menyelesaikan semua komponen dalam modul, ga cuma diliat videonya aja, tapi juga  termasuk menyelesaikan assessment dan code sample. Pengalaman saya kemarin, link untuk download sertifikat tidak muncul walaupun progressnya sudah 100%. Usut punya usut, saya melewatkan code sample pada salah satu modul.

Ini adalah contoh tampilan ketika kita sudah menyelesaikan semua modul dalam satu course.

image

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, pastikan semua komponen di suatu modul terpenuhi.

image

Jika semua sudah terpenuhi, maka kita tinggal download deh sertifikat tersebut. Caranya gampang banget. Pertama menu My Dashboard, lalu pilihh tab Course Completed. Nah disitu akan ada list course apa aja yang sudah kita selesaikan. Disamping nama course bakanlan ada link buat download sertifikat.

sert

Nah, setelah itu sertifikat udah ditangan kita dengan format pdf. Ini salah satu contohnya.

image

Gimana? Gampang kan. Yuk dicoba teman Smile